Multimedia memiliki manfaat yang beragam, seperti
penggunaan dibawah ini :
Industri Kreatif
Industri kreatif menggunakan multimedia untuk
berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, untuk seni
komersial.
Komersial
Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga
perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali
dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide
maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia
Hiburan dan seni rupa
Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan
dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus
dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia
sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia baik
terdistribusi dalam CD-ROM atau online. Beberapa video games
mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk
sebagai penerima pasif informasi.
Pendidikan
Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk
memproduksi pelatihan berbasis computer dan buku referensi
seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui
serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan
gambar yang terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan
pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia. Belajar teori dalam dekade terakhir telah berkembang
dramatis karena pengenalan multimedia.
Teknik
Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan Simulasi Komputer untuk sebagai hiburan
dan pelatihan seperti pelatihan militer atau industri. Multimedia
sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah
kolaborasi antara kreatifitas dan perangkat lunak
Perindustrian
Di sektor industri, multimedia digunakan sebagai
cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham,
rekan kerja dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk
memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk
di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
Matematika dan penelitian ilmiah
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia
dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Misalnya,
seorang ilmuwan bisa melihat pada model molekular tertentu dari substansi
dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru.
Perwakilan penelitian dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.
Kesehatan
Dalam Pengobatan, dokter dapat dilatih dengan
melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana
tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri
dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.
Gambar Dokumen
Pengambil foto copy / dokumen dan mengkonversi ke
dalam format digital
Sumber : Etimologi Multimedia | Kurnia Yahya, S.Kom | http://kurnia.nireblog.com
Salam kenal
BalasHapusMelalui blog Aku Pasti bisa, saya menginformasikan blog yang saya kelola, silakan mampir http://pcahyono.blogspot.com/
Salam kreatif...
Salam Kenal juga...!!!
HapusNice information, valuable and excellent design, as share good stuff with good ideas and concepts. Also Check out my fresh article on Best Kanha Jungle Safari Packages. It's packed with informative details.please read more.
BalasHapus